Bank MMC Punya Solusi Hadapi Lemahnya Pasaran Properti

Yogyakarta | Kondisi perekonomian yang masih menunjukkan perlambatan berdampak pada penjualan rumah di Yogyakarta. Penetrasi produk kredit pemilikan rumah (KPR) di wilayah ini melambat pada tahun lalu. Daya beli masyarakat yang belum pulih mengakibatkan pencairan KPR juga melambat.

Kondisi inilah yang membuat kalangan perbankan terutama yang memiliki produk kredit perumahan melakukan strategi agar tetap diminati nasabah, dan mampu menunjukkan pertumbuhan. Masing-masing bank memiliki sikap dan strategi berbeda untuk meningkatkan penetrasi produk mereka.

Branch Manager MNC Bank Yogyakarta, Sulaiman B mengakui industri properti di DIY memang sedang mengalami kelesuan. Karena itu, pihaknya berupaya menerapkan strategi yang sangat berbeda dari
perusahaan pembiayaan perumahan lainnya.

Mereka justru banyak menggarap nasabah nonfix income. “Kalau perusahaan pembiayaan properti mungkin kebanyakan justru membidik fix income, tetapi kami mengambil cara lain,” tuturnya, Minggu (22/1/2017).

Saat ini, dua penopang utama kredit mereka ada di KPR dan kredit pemilikan apartemen (KPA). Di mana KPR menduduki komposisi lebih besar dibanding kredit KPA. Meskipun kondisi KPR secara umum mengalami perlemahan sesuai data dari Bank Indonesia, namun MNC Bank justru mampu menunjukkan peningkatan.

Strategi membidik nasabah nonfix income seperti pengusaha ataupun entrepreneur nampaknya cukup berhasil. Meskipun tidak menyebutkan nominalnya, namun peningkatan KPR mereka mampu di atas pertumbuhan rata-rata industri KPR secara nasional ataupun lokal.

@iiz from sindonews

Artikel Lainnya

Berikut 6 Faktor Harga Properti Tidak Turun Di Tahun 2017

Bukan rahasia umum lagi jika harga properti selalu naik tiap tahun (bahkan per tiga bulan), meski...

Selengkapnya

Investor Jepang Makin Gencar Di Properti Indonesia

Akhir pekan ini, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan berkunjung ke Indonesia untuk mengadakan...

Selengkapnya

Tips Memilih Rumah Agar Tidak Menyesal

Baiklah pada post kali ini hanya sedikit kata kata dari kami selaku admin dari wesite...

Selengkapnya